Monday, July 7, 2014

Liburan yang Mendidik dan Menyenangkan

Ulasan tentang pelaksanan kegiatan Holiday Program oleh #KawanKita-TemanEdukasi

Ditulis oleh: Wirayadnya, Ketut
Diedit oleh: Wiratama, B.S.


Seiring berakhirnya tahun akademik yang ditandai dengan kenaikan kelas yang dilaksanakan oleh sekolah-sekolah di seluruh Indonesia dan Bali pada khususnya, bulan Juli ini merupakan waktu yang sangat tepat bagi para siswa untuk menikmati liburan sekolah. Pada waktu yang sama, para orang tua siswa juga mempunyai rencana tersendiri untuk putra dan putri mereka untuk menikmati liburan seperti halnya mengunjungi tempat-tempat yang khusus yang ada di dalam maupun luar negeri. Cara-cara untuk menikmati liburan ini sangatlah berbeda dari satu keluarga ke keluarga yang lain dan ini pun juga mempertimbangkan apa yang akan dilakukan dalam menikmati liburan ini yang mana kebermanfaatan liburan menjadi salah satu pertimbangan penting.
Dengan mempertimbangkan kebermanfaatan liburan, sebuah komunitas pendidikan yang berdiri berlandaskan visi pengembangan nilai pendidikan dan pelestarian budaya yaitu #KawanKita-TemanEdukasi mengajak para siswa untuk menikmati liburan dan memberikan keyakinan pada orang tua tentang kebermanfaatan sebuah liburan dengan merancang kegiatan yang bertajuk Holiday Program untuk siswa-siswi SD dan SMP se-Denpasar dan Badung 2014. Holiday Program tahun ini mengambil tema I Love Bali Full yang dikemas dengan memberikan aktivitas-aktivitas yang edukatif dan menyenangkan, seperti membuat keramik, membuat dan bermain layang-layang, berkunjung ke Tenganan; sebuah Desa Tradisional di Karangasem, Berwisata dengan Sarbagita, belajar memasak makanan tradisional, dll.
Kegiatan Holiday Program yang dilaksanakan oleh #KawanKita-TemanEdukasi ini, yang mana di dalamnya adalah kumpulan para pendidik di seluruh Bali yang memiliki visi dan misi khusus dalam pendidikan dan pelestarian budaya, dirancang sedemikian rupa untuk dapat menyuguhkan sebuah media pembelajaran yang bermakna dan bermanfaat bagi para peserta didik. Holiday Program ini diadakan mulai Selasa, 1 Juli 2014 hingga Jumat, 4 Juli 2014 yang bertempat di Museum Bali, Jalan Letkol. Wisnu, Denpasar. Kegiatan ini diikuti oleh tiga puluh orang peserta yang berasal dari beberapa sekolah di Denpasar dan Badung dan beberapa peserta juga yang berasal dari Jakarta yang sedang menikmati liburan di Pulau Dewata tercinta ini. Sekolah-sekolah tersebut adalah Sekolah HighScope Indonesia-Bali; Sekolah Tunas Daud, Denpasar; Sekolah Dasar Muhamadyah, Denpasar; Sekolah Kinderfield, Jakarta Selatan, dan siswa-siswi dari Home Schooling, Jl. Teuku Umar Barat, Denpasar. Aktivitas-aktivitas selama kegiatan ini mencakup beberapa hal yaitu memperkenalkan nilai tradisional seperti permainan tradisional (cuk-cuk dar, goak-goakan, dan bermain layangan), membuat keramik, memasak masakan tradisional (lawar bali, sate lilit, klepon, dan pulung-pulung ubi, dan daluman), berkunjung (field trip) ke desa tradisional di Desa Tenganan di Kab. Karangasem. Selain itu, siswa juga diajak untuk menggunakan fasilitas transportasi umum sebagai contoh untuk mengurangi kemacetan dan efisiensi trasportasi yaitu menggunakan Trans Sarbagita dalam kunjungannya ke Garuda Wisnu Kencana dan Nusa Dua. Keseluruhan kegiatan yang dirancang oleh Komunitas #KawanKita-TemanEdukasi ini diharapkan dapat memberikan kesan yang menyenangkan sekaligus pembelajaran bagi para peserta untuk berkreativitas dan menuangkan idenya secara terbuka. Tak kalah pentingnya, kegiatan ini juga memiliki tujuan yang mulia yaitu mengenalkan kebudayaan serta adat istiadat lokal Bali dan mempertahankannya pada jenjang generasi muda penerus bangsa.
Pada beberapa sesi juga terselip akar konsep pendidikan masa kini yang menggunakan pondasi konstruktivisme dimana para peserta dapat belajar dari lingkungan dan membangun pengetahuannya sendiri dan mengembangkan keterampilan kehidupannya (life skills) untuk menghadapi masa depan dengan kreativitas dan inovasi yang mumpuni dengan tidak mengesampingkan unsur jiwa anak-anak yang suka bermain. Harapan yang tertuang dari pelaksanaan kegiatan ini adalah semoga dapat memberi arti bagi pengalaman belajar anak-anak peserta Holiday Program #KawanKita-TemanEdukasi 2014.


Educating the mind without educating the heart is no education at all (Aristotle).


Catatan: Kegiatan ini terselenggara atas kerjasama #KawanKita-TemanEdukasi dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Bali; UPT. Museum Bali; Dinas Perhubungan Provinsi Bali; UPT. Trans Sarbagita; Kepala Desa Tenganan, Karangasem; PT. Dima Denpasar, distributor minuman teh hijau Pokka; Lumiga Collection (PT. Lumiga Indah Selaras); dan Tahu Gorilla.

No comments:

Post a Comment

Search This Blog